Halaman utama Hubungi Kami
 
 
 
     
 
Home
Website Utama
Informasi Pendaftaran
Kritik dan Saran
Hasil Seleksi
Jadwal PMB
Berita SPMB
Hubungi Kami
 
RS Thamrin Salemba
RS Thamrin Cileungsi
RS Thamrin Purwakarta
 
 
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
 
A. LATAR BELAKANG
   
 

STMIK MH. Thamrin didirikan oleh Yayasan Pendidikan MH. Thamrin yang berdasarkan akte notaris No : 115 tanggal 24 Agustus 1987, Notaris : Joenoes E. Moegiman, SH.  Pendirian Sekolah Tinggi ini didorong oleh suatu cita-cita dan tekad, jauh sebelum STMIK MH. Thamrin berdiri, yakni ikut berperan aktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, seperti yang telah diutarakan tersebut, pada awal pertumbuhannya, STMIK MH. Thamrin berusaha mewujudkan cita-citanya dengan membentuk wadah pendidikan yang bekerjasama dengan dunia industri dan perdagangan maupun kalangan pemerintahan. Kerja sama tersebut untuk menyelenggarakan program pendidikan yang didasarkan kebutuhan nyata dari bidang perdagangan dan industri maupun kalangan pemerintahan akan tenaga-tenaga pimpinan yang profesional dengan latar belakang pengetahuan Manajemen Informatika dan Komputer yang handal. Dengan tenaga-tenaga pimpinan yang berkualitas tersebut, diyakini bahwa kegiatan yang ada akan meningkat dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang timbul baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Usaha-usaha di bidang perdagangan dan industri maupun di bidang pemerintahan yang pada waktu itu menunjukkan kecenderungan yang sangat meningkat akan dapat ditangani lebih baik, dan secara makro nasional akan memberikan partisipasi terhadap pembangunan bangsa.
   
B. TUJUAN
   
 
1.
Mendidik putra putri Indonesia dan mempersiapkan mereka menjadi pimpinan dan pelaku ekonomi yang aktif dalam unit-unit badan usaha swasta maupun pemerintahan yang berkembang pesat dalam kerangka pertumbuhan ekonomi dan perdagangan  serta industri  dalam proses pembangunan bangsa, dengan tetap mempertahankan budaya dan kepribadian bangsa.
2.
Mendidik mereka dalam suatu suasana pergaulan internasional dengan pemuda-pemudi dari berbagai bangsa agar dalam era globalisasi ini, mereka dapat duduk sama rendah dan tegak sama tinggi dengan berbagai bangsa di dunia.
3.
Memberikan kepada mereka kemampuan intelektual, Dengan demikian lulusan diharapkan mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi dan handal, mampu melakukan perencanaan yang baik serta melaksanakannya dengan efektif dan efisien, mengendalikan sumber daya manusia dan alam dengan baik, mengambil keputusan yang tepat, dapat memberikan pengawasan yang tegas
   
   
C. KOMPETENSI LULUSAN
   
 

Secara umum para lulusan yang dihasilkan diharapkan bisa mengisi peluang kerja yang ada, sekaligus mampu menjawab tantangan yang didunia ITC, saat ini perkembangannya sangat cepat. 
Sebagai mitra pemerintah dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa, STMIK MH. Thamrin berusaha keras untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mengikuti perkembangan kemampuan ekonomi dan teknologi khusus dibidang Informasi, Komunikasi dan Teknologi (ICT).

   
D. KURIKULUM PENDIDIKAN
   
 

Kurikulum pendidikan institusi atau kurikulum pendidikan yang   lengkap berisikan:

 
a.
Kurikulum inti.
b.
Rancangan Instruksional.
c.
Muatan Pelengkap
  Kurikulum pendidikan selanjutnya diterjemakan ke dalam rancangan instrukisional, sebagai operasionalisasi kurikulum pendidikan. Rancangan instruksional, dasar pembelajaran yang digunakan pembelajaran aktif PBL (Problem Based Learning) serta memperhatikan berbagai sumber daya pendidikan yang diperlukan. Tujuan pendidikan (educational objectives) sebagai titik tolak penyusunan kurikulum selanjutnya, khususnya isi dan proses pembelajaran secara jelas yang merupakan kompotensi umum lulusan Stmik MH. Thamrin
   
E. METODE PENDIDIKAN
   
 

Untuk mencapai keseimbangan antara pemberian pengetahuan dan peningkatan ketrampilan, cara pendidikan yang ditempuh melalui gabungan antara:

 
a.
Perkuliahan
b.
Latihan-latihan tertulis ataupun diskusi-diskusi kasus yang berhubungan dengan ICT
c.
Seminar-seminar
d.
Diskusi-diskusi dengan dosen tamu
e.
Belajar mandiri / studi kepustakaan
f.
Praktek lapangan dan praktek kerja lapangan (magang)
g.
Skill lab
h.
Pembelajaran melalui E-learning
   
   
F. STAF AKADEMIK & DOSEN
   
  Staf akademik sebagai pelaksanan dan pengampu cabang ilmu, khususnya ilmu komputer bertanggungjawab kepada pelaksanaan pendidikan yang bermutu. Dan setiap mata ajaran minimal ada 2 staf pengajar, dengan kwalifikasi sesuai dengan bidang ilmu yang akan diajarkan
   
G. LABORATORIUM PENDIDIKAN
   
  Tersedia laboratorium pendidikan yang terdiri ruang pembelajaran teori dan ruang praktikum untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran praktek. Laboratorium komputer, laboratorium fisika, laboratorium refarasi computer (bengkel hardware) sebagai sarana melatih mahasiswa agar senantiasa terbiasa dengan alat – alat modern ini untuk mengantisipasi dunia kerja dan disesuaikan dengan persyaratan dan kententuan dari pemerintah dan tuntutan dunia kerja
   
H. PERPUSTAKAAN DAN KEPUSTAKAAN
   
  Perpustakaan yang memadai, ditinjau dari ruangan dan ketersediaan kepustakaan/literatur sebagai bahan bacaan mahasiswa dalam bidang ilmu komputer sebagai salah satu sumber utama  informasi pengetahuan komputer dan kepustakaan dalam proses belajar peserta didik antara lain tercermin dalam ruang baca, jam layanan dan koneksi yang dimiliki, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan akses internet diperpustakaan untuk keperluan mahasiswa mengakses bahan-bahan pelajaran dengan sumber yang tak terbatas dari seluruh dunia. Disamping yang dimiliki sendiri kerjasama dengan Perpustakaan lain juga dilakukan